WISATA KOTA SINGKAWANG

WISATA KOTA SINGKAWANG

SINKA ISLAND

SINKA ISLAND

Minggu, 23 Mei 2010

LIDAH BUAYA (Aloe vera)



Tanaman Lidah Buaya atau Aloe vera merupakan komoditas unggulan Kalbar yang unik dan telah menjadi ciri khas Provinsi Kalimantan Barat. Berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia, Tanaman Lidah Buaya di Kalbar dapat tumbuh dengan sempurna sehingga memiliki ukuran yang besar dan mudah untuk dikonsumsi.

Posisi Kalbar yeng dilewati khatulistiwa membuat intensitas penyinaran matahari sangat sesuai untuk pertumbuhan Lidah Buaya. Tanaman Lidah Buaya Kalbar dapat mencapai berat rata-rata 1,2 kg per helai daunnya dalam umur 8 bulan sampai 1 tahun.
Lidah buaya tidak hanya dikonssumsi sebagai bahan penyubur rambut saja, namun dapat diolah menjadi berbagai produk industri seperti minuman kesehatan, kerupuk, teh, manisan, jelly, bahan obat-obatan, bahan kosmetik, dan tepunglidah buaya.

Sentra produksi Lidah Buaya di Kalimantan Barat dikuasai oleh Kota Pontianak dan sebagian daerah Kabupaten Kubu Raya. Saat ini pengembangan lidah buaya lebih diarahkan pada industri pengolahannya. Industri pengolahan yang sangat diharapkan berkembang adalah pengolahan tepung lidah buay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar